Senin, 03 Februari 2014

Sarimin Stories : Ketika Jenuh Dalam Berhubungan



Hey,hey, akhirnya ketemu lagi di awal bulan Februari ini. Bulan dimana seagian orang menyebutnya bulan penuh cinta. Tapi gue gak setuju, menurut gue setiap bulan itu penuh cinta. Beneran deh.. *benerin poni*
Nah, kali ini gue bakal nerusin lagi episode lanjutan “Sarimin Stories” episode 3. Buat sahabat pendengar kesasar yang belum sempat baca episode I bisa baca disini, dan epside II bisa baca disini.
Episode 3 ini gue bakal focus sama persoalan “Apa sih yang seharusnya Kamu lakukan ketika Hubungan kamu masuk dalam titik jenuh..? Bahkan mungkin dah masuk dalam tahap Insecure (Saling curigaan). Padahal sebenernya kamu masih ingin tetap bersamanya…” nah lu, galau banget kan momen-momen kampret kayak gini…


Sebenernya secara garis besar ada dua pilihan untuk menjawab persoalan itu. Pertama, lu bisa putusin dan tinggalin pasangan kamu begitu saja, kalau kamu bener-bener dah gak mau ambil pusing dan dah bosen banget. Kedua, kamu tetap memilih bertahan dengan melakukan beberapa langkah yang bisa menyelamatkan hubungan kamu. 

Of course gue disini bakal ambil yang pilihan kedua. Kenapa sih gue pilih jawaban kedua ? Pertama, itu adalah pilihan yang cukup bijak dan macho badai sob. Kedua, Nyari pasangan yang bisa kita pertahankan ampe ke meja akad nikah itu susah brooh. Dan Ketiga, setidaknya tulisan sarimin stories episode 3 ini gak pendek-pendek amat. Ya iyalah, kalo gue milih yang putus, ceritanya baru satu paragraph dah selesei. Demi Tuhan itu gak keren bingiiiiiit….

Oke, berhubung kalian dah cukup bosen baca muqadimah yang kepanjangen dan gak jelas ini langsung aja yuk kita intip kehidupan Sarimin yang makin galau aja. Hubungan sarimin sama Sarinah lagi masuk titik jenuh. Nah, kebetulan hari minggu ini Sarimin lebih milih stay di rumah daripada jalan sama Sarinah. Katanya Doi pengin ngademin otaknya, kebetulan kawan lamanya Sarno mau main ke rumahnya. Sarimin pun sumringah, dan bener-bener jadi pelarian buat Sarno.. dan Sarinah sendiri ngerasa butuh banget, dan….. langsung aja yuk menuju TKP… Cekidoooot sedoooot….


###
Minggu, 27 Januari 2014.
Sarimin masih saja diatas ranjanganya, bermalas-malas dengan bantal gulingnya. Sesekali Sarimin mengecupnya. Yups, ini hari minggu, hari dimana mandi pagi bagi Sarimin tidaklah wajib untuk menunaikannya. “Irit Aer, ini Zimbabwe bung. Kasian PDAM Zimbabwe..” itulah jawab Sarimin, jika kalian menanyakan kenapa Min gak mandi.
Bagi Sarimin mandi gak mandi itu bukan soal. Baginya keren adalah takdir yang sudah menjadi factor hereditas (keturunan) dalam hidupnya. Dan statement itu juga terbukti diamini oleh 4 cewek, kata sarimin. Iya 4 cewek, dan cewek itu adalah ibunya, bibinya, emba-nya, dan nenek-nya. Itu juga mereka baru mau mengakuinya setelah Sarimin menyogok dengan sembako lengkap. Ough, kasian Sarimin..
Oke, kita tinggalkan mandi, karena Sarimin terbukti bau sekali kalo sehari gak mandi. Meskipun hari minggu, Sarimin sudah membulatkan tekad bakal ‘mager’ aja di rumah, gak ada kata ketemuan untuk hari ini. Otaknya butuh relaksasi yang lebih, katanya. Eh, emang Sarimin punya otak. “Punya Bego…” Setidaknya itu bakal jadi jawaban Sarimin, kalo kalian menanyakannya. Jadi kalian jangan bertanya demikian, damai saja ya, hati Sarimin sedang penuh denga kemelut.
Kang Sarno, sohib sejatinya, rencananya akan main ke rumahnya hari ini. Sarno, teman kecil Sarimin. Mereka bukan sodara kandung, tapi ikatan batin mereka dekat banget. Kalo Sarimin sakit, konon Sarno juga ikut sakit. Tuh kan najis banget kedekatan emosionalnnya. Banyak kesamaan diantara keduanya. Cuma satu yang gak sama diantara mereka. Mereka gak memiliki perasaan yang sama, ough untunglah, mereka bukan termasuk golongan jeruk makan jeruk. Bedanya, Sarno itu masih jomblo. Jomblonya juga gak main-main sob, jomblonya dah level provinsi. Penampilan sih gak bad-bad amat, dibilang Ganteng boleh lah. Masuk Boyband juga layak kok, tapi boyband yang terancam bubar.
Kedatangan Sarno hari ini bukan tanpa alasan. Dirinya sudah lama gak jumpa dengan Sarimin bertahun-tahun. Doi sibuk banget sob jadi Kepala Pintu Air Irigasi Di Terusan Zues, sejak dua tahun yang lalu. Itu juga setelah di pindah tugas dari Terusan Panama, gara-gara sering bolos kerja, main PS sama anak-anak STM Panama. Sebelumnya, Sarno pernah jadi kepala pintu air sungai kemit. Ough, sungguh pengalaman kerja yang luar binasa. #Teladan #Catet

####
Sarinah, matanya terfokus pada gadget genggamnya. Berharap ada pesan masuk. Sekedar mengharap ada pesan “Have a nice weekand han…” dari kekasih jauhnya, Sarimin. Tapi pesan singkat sarat makna itu tak kunjung muncul dilayar Hp-nya. Ada apa ini..? tanya hatinya lirih.

### #
Suara ketawa dua anak manusia itu pun pecah memenuhi ruang tamu Sarimin. Betapa tidak, dua teman dekat yang terpisah bertahun-tahun sekarang bertemu. Mereka memutar kenangan-kenangan konyol masa lalunya. Mulai dari cerita brutal masa SD, inget juga kalo mereka dulu suka adu biji.. (biji apaan yak… jadi curiga nih..), suka ngupil bareng pas mapel MTK, iya ngupil bareng soalnya pikiran mereka dah ‘butek’ banget. Dan tidak lupa, mereka dulu suka tukeran ‘diary’, ih jangan-jangan mereka kelainan (baca: maho kaeleusss..)
“Sob, gimana pacar lo ? Si Inah itu ?” Tanya Sarno mengalihkan perbincangan mereka yang hina.
“Ya, gini lah sob, lagi pai-paitnya. Beginilah dinamika dunia pacaran..” jawab Sarimin dengan belaga Diplomatis kayak leader agen MLM level diamond.
“Makannya, mending jadi jomblo aja. Bebas damai, gak ada yang nuntut, mau jalan kemana aja gak ada yang ngatur. Nyaman banget kan.. Bhahaha..” Sarno pencitraan, padahal jiwanya rapuh banget.
“Apaan, nyaman biji mata lu bletak.. Yang ada jomblo tuh maha galau. Itu Cuma sisi positif jomblo, yang Cuma bisa dirasain hari-hari tertentu aja, gak setiap hari. Jadi, ya jomblo lebih banyak galaunya, iya kan…”
Jleeeeeebb, Sarno keselek. Tepatnya serasa keselek biji kedondong. Hatinya berbisik lirih “Iya bener juga Min.. gue galau..”.
Dan keduanya berpelukan.. *hening* (eh, jangan kelamaan, entar penyakitnya kambuh..)
“Mending kita main PS aja yuk No..” Bisik Sarimin ke kuping Sarno. (Ya Alloh, tuh kan dah main bisik-bisikan kuping segala. Hentikan, penyakit mereka mau kambuh tuh….).
Sarno pun mengamininya.

###
Sms yang ditunggu-tunggu itu pun tak kunjung muncul. Tapi, tunggu dulu. Ada yang membuat Sarinah penasaran, ketika ada yang mengetuk pintunya. Tamukah ? Sarimin kah ? Wah, romantis banget kang Sarimin ngasih kejutan mendadak main ke rumah tanpa bilang-bilang dulu, duga Sarinah.
Sarinah pun berlari-lari kecil menuju pintu rumahnya ala anak gadis yang baru dapet mens pertama terus nangis (Suer, ini perumpamaan yang buruk banget, gak pas).  *TEPOK JIDAT* #Coret
“E.. e..” Sarinah terbata dan kaget juga saat melihat siapa yang dia lihat di depan pintunya.
“Paikem. Teman sekantor Sarimin… Kamu pacarnya kan..?” ucap Paikem sambil menyodorkan tangannya untuk bersalaman.
“Loh, kok kamu tahu aku pacarnya Sarimin. Kamu kok tahu rumah aku…”  sarinah pensaran.
“Ya iyalah, kalian kan anak facebook alay yang suka nyantumin ‘in relationship’, gue bereteman di fb juga ama kalian dan gue pasti tahu kaeleeussss…” ketus Paikem dengan logat gaulnya.
Mereka pun saling berkenalan satu sama lain, dan ternyata mereka punya banyak kesamaan. Alay, misalnya. Tapi, apakah tujuan Paikem datang ke rumahnya… apakah pemirsaaah…

###
“Gooooolllll… 5-0 untuk kemenangan Kampret FC…” Teriak Sarno. “Dari dulu gak ada bedanya, STM lu juga kalah mulu kalo main PS. Payah lu, udah punya pacar tapi gak jago nge-gol-in..”
“bangs********t, apa hubungannya Sar… gak ada bego… enak aja lo, gue anak baik yang datang dari keluarga baik-baik…” Sarimin naik pangkat, eh bukan ding, naik darah tepatnya.
“Bhahahaha. Eh Min, HP lu tuh bunyi ada telphon kayaknya..”
“Ah, biarin deh No… hari minggu, gue lagi libur, libur nerima telphon dari siapa aja..”
“Termasuk Sarinah…?”
“Iya…” Jawab Sarimin sambil menundukan kepalanya.
“Cueng…(panggilan kecil nan mesra Sarno utk Sarimin) lihat mata aku, ayo certain ke aku.. ayo cerita ama Belo.. (itu panggilang imut Sarno. Jangan protes kalo Belo kedengeran gak imut)…” bisik bijak Sarno alias Belo.
“Okeh, gini loh No…”
“Eits, tatap mata aku Min… buka selangkangan aku… inget, kita normal loh…”
“Oh iya lupa…”
#Jlleeebb (hubungan mereka mencurigakan)
“Gini No…. blab la blab la bla…..” dan Sarimin bercerita panjang lebar kali luas kali 3 kali empat cetak kilat jangan lupa dibungkus (dikira photo kali ya…)
Dan Sarno pun benar-benar menjadi pendengar yang bijak, bahkan sangat bijak…

###
“Maaf ya, sudah mengganggu hari minggu kamu. Maaf juga aku mendadak main ke rumah kamu…” kata Paikem ketika hendak beranjak pergi dari rumah Sarinah.
“Iyah, gak papa. Eh, dihabisin dulu Limun-nya dong…” tawar Sarinah dengan nada yang sendu seolah sedih.
“Males ah, Limun-nya gak enak. Itu aer sumur ya yang dipake buat bikin Limun ya… Ciuss gak enak bingiiiit…” jawab dalam hati Paikem, dalam mulutnya bilag gini. “Maaf dah cukup kok, di Zimbabwe banyak yang kayak gini…” Kampret banget kan Paikem orangnya.
Dan Paikem pun sekejap hilang dari pandangan Sarinah. Dia Nampak sangat lesu baik batin dan raganya. Lesu bukan karena kedatangan Paikem yang menghabiskan seisi toplesnya, dan tadi sempat minta dibungkusin segala, bukan-bukan karena itu kok.
Tapi, lebih karena kedatangan Paikem sungguh memperkeruh suasana hatinya. Tepatnya, tentang hubungannya dengan Sarimin. Sesekali bulir air matanya turun berjatuhan satu per satu melewati pipinya. Sedihnya menjadi-jadi..
###
“Owh gitu sob, kenapa gak cerita dari tadi… malah main PS.” Ucap Sarno. “Gini loh Min, lu pacaran kan dah lama. Rasanya terlalu ‘eman-eman’ Min. Ditambah lagi, kamu baru dapet SMS dari Sarinah yang curiga sama kamu ada hubungan cinlok sama Paikem iya kan…”
Sarimin hanya diam mematung.
“Min, oke gue tahu lu juga lagi jenuh-jenuhnya sama sikap Sarinah. Lu bosen sama sikapnya yang susah ngertiin keadaan kamu kan.. gue tahu banget.. gue kan follower twitter kamu juga…
Sarimin masih diam mematung juga.
“Gini loh, masa jenuh, bosen dalam pacaran itu wajar banget Min. Apalagi, kondisinya kayak kalian yang pacarannya lama banget sejak zaman pra-sejarah. Nah, berhubung kalian dah lama banget barengannya, harusnya kamu tuh juga dah paham banget sama kekurangan doi dan kamu juga harus siap menutupi kekurangannya Min…”
Sarimin masih diam mematung juga, tapi kali ini lebih tepatnya tertidur.
“Woy banguunnn…” Teriak Sarno.
“Eh, iya.. gimana… gimana…”
“Dikasih sara dan wejangan malah tidur lu.. gak tahu malu..”
“Maap-maap No, ayo lanjutkan….”
“Nah, kalo kamu lagi masuk masa jenuh. Cara terbaiknya biar lu gak hopeless pacaran sama Sarinah adalah lu flashback lagi masa-masa perjalanan pacaran lu yang dulu…”
“Maksudnya…” Sarimin pasang muka bego, tepatnya bego banget.
“Pleshbek Min.. pleshbek… masa gak tahu…”
“Pleshbek..? Flashback.. kali…”
“Lah iya, tadi kan gue ngomong begindang….” *jitak Sarimin*
Sarno pun melanjutkan wejangannya setelah puas menjitak kepala Sarimin. “Pokoknya lu inget-inget lagi deh masa-masa indah, lucu, dan nyleneh kalian yang bener-bener bikin kalian senyum-senyum sendiri kayak orang gila itu loh. Kalo lu balik lagi mikirin momen-momen kayak itu, insyaallah dengan izin Allah hubungan kalian akan selamat sampai pada orang ketiga yang memisahkan kalian, eh bukan ding, maksudnya sampai pada ajal yang memisahkan kalian…” ternyata Sarno sudah menjadi jamaah Ust. Felix Siauw. *hening*
“Owh, gitu yah No… Thank u banget No, untuk wejangannya. Gak nyesel gue punya temen kayak lo..”
“Yoi sob, siapa dulu dong Kang Sarno Gitu looooh..”
“Ngomong-ngomong lu bisa bijak kayak gitu, lu belajar dari mana..?”
“Gue kan anak Twitter kaeleeuuus, kebetulan gue followersnya akun @KataHati, tadi gue ngomong gitu kan gara-gara baca twit di TL @KataHati… hehehehehe…”
“Owh, gitu….”
*bius sarno*
Bersambuuuuuuuung kaeleuussss……

###
Dah segitu aja dulu episode 3 ‘Sarimin Stories-nya”. Capek nulisnya sob, beneran deh.. langsung aja ya masuk ke inti dari pesan-pesan ala Blog Penyiar Kesasar.
Nah, tadi diawal gue kan dah bilang kalo hubungan Sarimin-Sarinah lagi anti-klimaks gitu kan. Sarimin merasa bosen dengan Sarinah yang gak berubah-rubah sifatnya. Dan Sarinah Insecure sama Sarimin gara-gara Paikem.
 Gue mau focus sama posisi Sarimin. Karena persoalan Paikem semata Cuma salah paham saja. Sementara Sarimin lebih kompleks persoalannya. Salah satunya, persoalan “Kok gue jenuh ya sama Sarinah..”. dan beruntunglah Sarimin punya temen se-kece Sarno. Saran dari Sarno ada benernya juga tuh, meskipun doi lihat dari TL @KataHati (Eh, ngomong-ngomong akun @KataHati ada gak sih di twitter. Ini gue ngasal aja… *tepok jidat*)
Intinya tadi saran Kang Sarno tuh “Coba lu inget-inget lagi masa-masa Indah, Lucu, dan Nyleneh kalian yang bisa bikin kalian ketawa-ketawa sendiri kayak orang gila…”.
Tuh, bener banget. Misalnya kejadian ini bener-bener terjadi dalam kehidupan kalian hey sahabat Pendengar Kesasar. Maka yang perlu kalian lakukan ya seperti apa kata Kang Sarno itu…
Kenapa kita harus mengingat-ngingat kembali momen itu ? jawabannya singkat, biar lu kembali tersenyum dan dengan bego sendirinya lu bakal mengatakan “Eh, dulu kita lucu loh.. bisa seru-seruan kayak gitu…”. Kemudian, kamu akan membuka kenangan-kenangan itu yang mungkin sudah diabadikan dalam bentuk foto, video, atau catatan-catatan bersama. Dan Dengan begitu kemungkinan besar lu diam-diam berharap “Kenapa sekarang kita gak coba kayak dulu lagi…?”.
Nah, kalau otak lu waras, seharusnya setelah mikir kayak gitu lu bakal langsung temuin gebetan/pacar/suami/istri lu untuk duduk bersama terus omongin baik-baik, dan cari solusi yang terbaik. Iya sih teorinya sederhana, tapi prkateknya wah gak semudah membalikan telapak tangan gajah broooh..
Well, gue akan ngasih sedikit contoh. Berikut beberapa hal yang mungkin layak banget buat lo coba untuk kembali menertaawakan hubungan kalian:
1.   Inget-inget awal mula Panggilan Kesayangan Kalian.
Setiap pasangan pasti punya panggilan kesayangan sendiri-sendiri. Dan pasti ada hal atau sebab yang membuat kalian memutuskan untuk menggunakan panggilan kesayangan tersebut. Misalnya; Ayah-Bunda, Abang-Eneng, Imin-Inah, Endut (Untuk mereka yang gendut). Entet (Untuk mereka yang kontet), Omo (Nah, ini untuk mereka yang Homo). *hening*
Biasanya panggilan kesayangan anak muda itu aneh-aneh, lucu, bahka gak masuk akal, misalnya Hantu-Handuk (Itu sejarahnya gimana coba..). Oke, mungkin ketika hubungan kalian masuk titik jenuh, kalian manggilanya jadi biasa aku-kamu lagi. Cobalah kamu dahului untuk memanggil dia dengan panggilan kesayangan lagi, pasti bakal berkesan dan menghidupka gairah hubungan lagi… Insyaallah…
2.   Inget-inget Masa Hang-Out bareng
Dari sinilah cerita atau kenangan kamu banyak muncul. Mungkin kamu mendadak jadi inget pas jalan-jalan dulu, pernah motornya mogok pas di tanjakan, terus pacarnya disuruh ndorong dari belakang, sampai tangan-tangan lembutnya serasa pegal dibuatnya. Atau mungkin pernah jalan-jalan bareng ke pasar malam, mau dapetin hadiah boneka untuk si dia, terus lu bela-belain ikut game tantangan yang nyleneh. Dan masiiiih banyak lagi, gak terhitung dah kenangan-kenangan tiap-tiap pasangan. Dan ini ampuh dan layak banget untuk flashback nice-moment kalian…

3.   Dan, inget-inget lagi janji suci kalian.
Oke, untuk yang satu ini lumayan serius dan gak begitu layak untuk ditertawakan, tapi direnungkan. Pokoknya, kalian inget lagi deh moment ber-ikrar untuk bersama. Mungkin yang remaja dengan janji kelingkingnya dan yang Dewasa dengan buku nikahnya. Pikirin baik-baik apa konsekwnsi-nya kalau kalian ingkari janji suci itu. siapa yang paling dikorbankan dari keputusan ceroboh sesaat kalian. Misalnya, masa depan anak bagi yang sudah menikah. Tuh kan, berat banget… so, rasanya kalian harus mendamaikan kembali perasaannya. Luruskan dan kembali bersamalah, pesan gue.


Itu dia tuh tiga biji yang perlu kalian coba untuk ‘inget-inget’ lagi ketika jenuh. Nah, buat sahabat Pendengar Kesasar yang punya pengalaman, tips, atau contoh yang lain bisa loh kalian share dengan ikut coment di box coment dibawah ini, atau bisa juga coment di box-coment via FB.
Semoga aja tulisan gue ini bermanfaat. Sungguh, gue bukan bermasud untuk menggurui. Disini gue hanya ingin bercerita, dan gue juga masih butuh banyak belajar dari mereka-mereka yang lebih berpengalaman..
Finally, cukup sekian dulu deh ya Episode ke-3 Sarimin Stories ini. Oke, mungkin kali ini pembahasannya cukup serius, atau mungkin dalam bahasa tetangga blog gue “Ini cukup Horor..” whatever, ini untuk variasi cerita aja kok, okee..
Bye bye, and see u next post….











Tidak ada komentar:

Posting Komentar