Jumat, 07 Februari 2014

LDR Itu Mahal !


Oke, tenang gak usah emosi. Gue tahu tulisan ini cukup emosional buat kalian yang mungkin sekarang lagi menjalani masa-masa LDR atau buat kalian yang mungkin pernah ngalamin LDR-an. Apalagi sekarang kurs dollar lagi tinggi ya, dan itu pai banget… (belagu banget pake ngomongin dollar segala, padahal dirumah masih pake system barter).

Dan biasanya lo bakal tetep begaya didepan pacar/gebetan lo dengan ngomong gini “ Gak peduli berapa pulsa yang aku habisin untuk nelpon kamu Yang… yang penting aku bisa dengerin suara kamu Sarinah…” Sumfffeh, ini gombalan yang narjong abis.


Well, tapi gombalan se-narjong itu penting sob. Tentu ini sebagai salah satu cara untuk nunjukin besarnya pengorbanan kamu. Apa iya, lo masih anget-angetnya pacaran bakal ngomong gini..

“Sarinah, hubungan kita kok berasa berat banget ya. Mau ngomong, biayanya mahal. Mau lihat wajah kamu, paket internetnya cepet abis han…”
Wah, itu sih lo dah gak ‘ngeh’ sama si dia. Curiga, jangan-jangan lu dah punya yang lain. Ngaku gak lu…! Mentang-mentang LDR-an, jarang ketemuan… woy malaikat liat noh…! (Kenapa, gue jadi ikut emosional gini ya..)
Kembali ke inti pembahasan postingan ini, dengan dalil “LDR-an itu Mahal”. So far, belum ada dalil lain yang bisa membantah dalil ini. Sudah barang tentu, LDR sebagai suatu pola hubungan yang menekankan pada terpisahnya kondisi jarak geografis dua insan manusia pasti makan banyak biaya. Bagaimana, ada yang gak sepakat sama pendapat gue ini ?

*asah tombak*

Sebenernya kalo ngomongin LDR, gak ada standar baku yang menyebutkan ‘jarak’ sekian puluh kilometer dalam berpacaran atau berapa lah. Yang jelas, LDR adalah kondisi dimana lo sama pacar lo mau ngomong, mau lihat wajah, dan mau ketemu itu butuh perjuangan yang ekstra super duper rempong bingiiiiii….! #Lebay


Buktinya banyak hal-hal yang seharusnya dilakukan secara gratisan sama pasangan non-LDR jadi gak gratis bagi pasangan LDR. Mau ngomong, harus nelpon. Nah, itu juga kalo lu lagi punya pulsa. Kalo lo gak punya pulsa, apa gak sengsara lo. Udah gitu, misalnya Mau liat wajah pacar yang jauh, harus skype-an. Mau ketemuan, harus menempuh jarak puluhan, ratusan, ribuan kilometer. Contohnya: si-Sarimin untuk ketemu sama si-Sarinah harus menempuh dua benua. Gimana, masih gak setuju juga sama pendapat gue ?

*jejelin tombak*

Selain itu, gue juga dah banyak baca artikel-artikel dari berbagai blog galau antahbrantah dan sepakat kalau LDR itu gak murah a.k.a mahal. So, dengan berbagai pendapat, teori dan bukti-bukti yang ada gue sepakat bahwa LDR itu bener-bener mahal cyiiin.

Nah, terus apa kalian harus meng-ahiri segera hubungan LDR kalian ? Wah, jangan dong, kasian tuh pacar lo. Well, gue rasa kalian juga dah mikirin matang-matang sebelum LDR-an kan apa konsekwensinya.

Berikut gue kasih hal-hal yang perlu kalian punyai untuk menunjang LDR kalian yang mahal:

1.   Punya Kerjaan
Syarat yang menurut gue pribadi gak masuk kategori “fardhu ‘ain” sih, tapi perlu banget lu pertimbangin. Yoi, lu kalo bisa sih udah punya ‘pegangan’ a.k.a pekerjaan yang bisa membiayai hubungan LDR kalian. Ini penting sob. Ya setidaknya, lu bisa dibilang cukup mandiri dalam berhubungan dan gak banyak minta-minta sama ‘bonyok’ dan itu ‘macho’ banget sob. So, buat kamu yang ngerasa mau menjalin LDR-an sama seseorang, yuk buruan cari kerja dulu buat kamu yang masih nganggur.


Nah, nanti kalo di wawancara pas tes masuk kerja lo ditanyain gini sama bos “Apa motivasi Kamu untuk kerja disini….?”. lu jawab aja “Saya mau LDR-an Pak…” Sumfeh kalo kalian berani jawab gitu, lo macho banget. gue acungin lima jempol buat lo deh, itu non-mainstream banget jawabannya… eh, tapi gue gak jamin lo bakal mudah keterima kerja loh. Kecuali, Bo situ pernah ngalamin LDR juga pas muda dulu, pasti bakal terharu dan bilang “Sungguh niat yang mulia nak…” dan lo pun diterima kerja. #Dramatis.

2.   Bokap lu kaya
Selanjutnya, adalah ‘bokap’ atau ‘nyokap’ lo orangnya tajir. Saking tajirnya sampe bingung mau naroh uang dibank mana lagi, misalnya. Dah, lu gak perlu punya kerjaan tetap untuk menunjang biaya LDR-nya. Lu cukup ‘nyedong’ aja ama bokap dan duit pun mengalir. Mudah banget kan ? eits, tapi inget…! Itu kalo bokap lu kaya. Nah, kalo bokap lo pas-pas an mending jangan banyak minta deh, kasian. Beneran deh, apalagi hubungan LDR lu juga belum pasti langgeng kok.. (kenapa pesimis nih…).
Tapi, kalo bokap lu bokap lu Bill Gates, bokap lu Nirwan Bakrie, atau bahkan mungkin Bokap Lu Raul Lemos boleh deh kalian ‘nyedong’ uang tiap hari sampai doer bibirnya demi hubungan LDR lu. Eh, tapi ngomong-ngomong kalo bokap Lu beneran Raul Lemos jangan keseringan minta duit yah, nanti kalo marah kayaknya serem deh. Doi senyum aja dah serem mukanya, beneran…

3.   Jago ‘manage’ keuangan
Ini dia nih, hal yang gak boleh lu lewatin. Lu harus banget jago mengatur keuangan LDR kamu. Setidaknya, lu jadi gak boros dan ‘jor-joran’ dalam berhubungan. Lu catet sendiri deh, kira-kira berapa sih pendapatan lu dalam bekerja sebulan dan catet juga, pilih-pilih, dan kelompokan jenis-jenis pengeluaran kalian dalam sebulan. Berikan tempat khusus juga untuk pengeluaran hubungan LDR. Nah, dengan begitu, keuangan dan hubungan kalian dapat berjalan dengan sehat. Amien..

Dan kalian juga jangan maksaain, kalo penghasilan lu sebenernya gak cukup. Misalnya, lu berprofesi sebagai Kuli Panggul di Pasar Thengok dan penghasilan lu sehari 15 ribu. Terus lu tiap hari dilanda kangen sama pacar penjual jamu di pasar Ayah yang jaraknya puluhan Kilometer, dan lu tiap hari juga skype-an berjam-jam menghabiskan 10 ribu belum sama makanan yang buat cemilan selama skype-an Rp. 6 Ribu. Apa gak -1000 lu… tuh.
Eh, ngomong-ngomong ini kuli panggulnya belagu banget ya, tiap hari skype-an mulu. Udah gitu, apa gak ada penjual jamu yang kece di pasar thengok. Gue aja gak pernah skype-an tahu… (Tuh, mulai curcol..)

4.   Udah ‘cancel’ aja dulu.
Nah, kalo tiga hal diatas gak bisa lu miliki maka inilah yang perlu kalian lakukan. ‘cancel’ dulu rencana LDR kalian, sebelum kalian makan ati dan hubungan kalian berlangsung gak sehat. Tuh, bagaimanapun juga komunikasi itu penting loh. Nah, komunikasi bagi LDR itu gak murah. So, kalo kalian gak punya tiga factor tadi, mending cari pacar yang deket aja, misalnya tetangga lo, pembantu lo, dan balikan sama mantan lo yang mungkin rumahnya deket (Gagal move-on ya…). gampang kan…?

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kalian miliki ketika kalian LDR-an. Kalo factor-faktor diatas gak ada dalam diri lu, siap-siap aja lu makan ati di akhir bulan. Well, tapi gak gitu juga ding. Sebenernya lu cukup ngeras ‘tulus’ dengan pola hubungan LDR lu dan satu lagi, anggap aja LDR sebagai romantisme hubungan tersendiri yang bakal ngelatih rasa saling percaya diantara kalian. So, kalo kalian bisa laluin masa-masa LDR secara berwibawa, pasti akan dapat pelajaran yang luar biasa sob. Beneran deh, percaya ama gue. gue aja lagi LDR-an nih… (Loh, kenapa curcol..)
Lu ngerti kan pesan yang gue maksud dalam artikel ini. Gimana ? masih gak ngerti juga ? sama saya juga… (loh…?). Yang jelas, kalo lu misalnya punya tips lain yang lebih kece selain emat poin tadi, kalian bisa kok share kesini oke.. udah dulu ya untuk postingan kali ini. Gue pamit dan….

bye bye and see u next post…..!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar