Kamis, 26 November 2015

7 Lagu Kahitna Paling Baper



Mungkin hidup anak muda di Indonesia akan baik-baik saja jika tidak pernah bertemu dengan lagu-lagunya band yang satu ini. Iya... band yang akan saya bahas kali ini adalah band yang lagu-lagunya paling “nusuk” buat anak muda. Dari manisnya jatuh cinta sampai pahitnya patah hati, band ini punya semua lagu yang mewakilinya. Siapa lagi kalau bukan Kahitna. Grup band baper sepanjang masa.
Tarak dung cesss...
Grup band yang dibentuk pada tanggal 24 Juni 1986 di Bandung ini tentu tidak asing lagi untuk remaja yang tumbuh di medio tahun 90’an sampai awal 2000’an. Iya angkatan remaja yang bisa dibilang di tahun 2015 sudah mulai beranjak tua, seperti... saya. Fine, gak papa.
Anak-anak kemarin sore mungkin masih terlalu asing dengan grup band ini. Mungkin mereka dalam hati bakal berpikir “Ini grup band dari planet mana ? kok saya gak pernah denger?”
Maklumlah anak zaman sekarang kan taunya cuma lagu-lagu yang liriknya tidak memiliki seni sama sekali. Kayak lagu-lagu macam ini...
“Kamu dimana....
Dengan siapa....
Semalam berbuaaat... apa...?”
Hina... Hina... Hina...
Jadi betapa beruntungnya kami yang hidup di era-nya Kahitna. Lirik-lirik yang mereka ciptakan dari kisah yang sederhana dan dekat dengan siapa saja, dan mereka mampu menyampaikan dengan bahasa lirik yang romantis abis.
Well, cukup sampai disitu aja saya menyanjung Kahitna-nya. Karena sekarang saya mau langsung ke inti postingan ini. Saya akan membahas 7 lagu Kahitna yang paling durjana tingkat ke-baperan-nya.
Kenapa 7 ? oke mungkin untuk grup band yang sudah berdiri puluhan tahun dan memiliki banyak lagu, angka itu terlalu sedikit. Tapi percayalah, saya pilih 7 karena memang sudah melakukan serangkain penyaringan lagu Kahitna yang paling baper bin nge-jleb dengan melibatkan orang-orang terdekat saya yang pernah jadi korban kegalauannya. Lalu terpilihlah... 7 lagu Kahitna ini.
Oke, kalau kalian tetep kekeuh gak percaya dengan alasan di atas. Yaudah... saya pilih angka 7 biar kayak acara di tv-tv aja sih. *eh
Langsung aja, ini dia 7 lagu Kahitna paling BAPER versi saya:
1. Andai Ia Tahu
Lagu Kahitna paling baper yang pertama adalah Andai Ia Tahu. Lagu Kahitna yang satu ini adalah langganan untuk didengarkan oleh mereka-mereka yang lagi asyik mendekati cewek atau cowok idamannya.
Lagu ini masih bernuansa ‘manis’. Lirik-liriknya menggambarkan manisnya masa-masa pedekate. Saat seseorang sudah mulai menjalin kedekatan. Semakin sering berkomunikasi setiap hari, jalan bareng, dan sering menghabiskan waktu bersama-sama. Tapi setelah sekian lama... kok dia belum ngasih “lampu hijau” juga ya ?
Nah.. dari situ tanpa sadar dalam hati kita bakal bertanya-tanya, mungkin gak ya dia memiliki perasaan yang sama ? mungkin gak ya dia nyaman selama jalan bersama saya ?
Lalu galau...... sampai kiamat datang.
Lagu Andai Ia Tahu inilah yang bisa mewakili perasaan dan pertanyaanmu itu.
“Mungkinkah dia jatuh hati, seperti apa yang ku rasa....
Mungkinkah dia jatuh cinta, seperti apa yang ku damba...”
Biasanya orang yang jatuh cinta diam-diam, hanya bisa berdoa dari kejauhan. Seperti lirik yang satu ini...
“Tuhan... yakinkan dia tuk jatuh cinta hanya untukku.
Andai dia tahu...”
Tuh, baper kan ?
2. Seandainya Aku Bisa Terbang
Lagu ini baper terutama untuk pasangan yang menjalin hubungan LDR. Long Distance Relationshiiiiit ! Misalnya si cowok tinggal di Jakarta, ceweknya di Bandung. Atau si cewek tinggal di Indonesia, cowoknya di Zimbabwe. Pokoknya terpisah jarak gitu lah. Kalo boleh jujur saya juga pernah, waktu itu saya tinggal di Kebumen, dan cewek saya masih di..... samping Tuhan yang Maha Esa.
Eh.. Jomblo dong. Hina sekali.
Beginilah kelakukan kaum LDR kalo lagi kangen
Kita semua tahu kalo hubungan jarak jauh itu penuh dengan kerinduan. Saat orang-orang yang berpasangan merasakan kangen, mereka bakal langsung ketemuan. Maka pasangan LDR, karena masalah jarak, mereka harus menahan kerinduannya dengan hanya berbicara lewat saluran telephone, chating-an, skype-an, surat-suratan pake burung merpati. Atau yang paling hina... saat rindu datang hanya bisa nangis di kamar sambil meluk bantal guling yang ditempelin foto pacarnya.
Ya Alloh... niaaaat banget.
Saat mereka benar-benar rindu dan ingin bertemu, diam-diam mereka bakal berharap memiliki sayap yang bisa membawa mereka terbang ke sisi pasangannya saat itu juga. Seperti yang digambarkan dengan indah oleh Kahitna di lagu Seandainya Aku Bisa Terbang.
“Seandainya aku bisa terbang, kan kujelang engkau kekasih...
Seandainya aku bisa terbang, kan kugapai engkau kekasih
Dan kupeluk engkau sungguh. Untuk selamanya...”
Baper lagi kan ? terutama elo yang LDR-an. Emang enak..!!
3. Cinta Sendiri
Lagu Cinta Sendiri menjadi lagu baper buat semua mahluk yang pernah jadi kroban PHP (Pemberi Harapan Palsu). Lirik lagu ini mewakili secara sempurna perasaan korban PHP. Mulai dari diberi janji dan harapan, menunggu kapan cinta kalian akan bersahutan, sampai menyadari bahwa selama ini cintamu bertepuk sebelah tangan. Lagu ini menceritakannya dengan sistematis dan terstruktur.
Heemm..

“Biar aku yang pergi, bila tak juga pasti.
Adakah selama ini aku cinta sendiri.
Biar aku menepi, bukan lelah menanti.
Namun apalah artinya cinta pada bayangan.”
Lagu ini bisa berdampak buruk kepada kamu. Terlalu sering mendengarkan lagu ini bisa membuat kamu terus berlarut-larut dalam kesedihan dan menangisi keadaan. Kecuali kamu bisa membalikan keadaan, mendengarkan lagu ini sebagai penyemangat supaya kamu bangkit meninggalkan keadaan yang nggak pasti ini.
4. Soulmate
Kalau berbicara soal cinta, memang tidak ada habisnya. Cinta adalah salah satu persoalan paling tidak logis di dunia ini. Andrea Hirata dalam buku ‘Ayah’ menggambarkan cinta adalah kata yang asing. Cinta adalah racun manis penuh tipu muslihat. Cinta adalah burung merpati dalam topi pesulap. Cinta adalah tempat yang jauh, sangat jauh, dan urusan konyol orang dewasa.
Cinta memang nggak bisa ditentukan kapan datangnya dan kepada siapa jatuhnya. Terkadang, kamu merasa telah jatuh ke orang yang tepat, namun ternyata waktunyalah yang salah. Saat itu, orang yang kamu cintai ternyata sudah menjadi milik orang lain.
Lewat lagu Soulmate, Kahitna menggambarkan keadaan itu. lagu yang menceritakan sebuah cinta yang datang di waktu yang salah, walaupun orang yang dicintai itu adalah penjelmaan sempurna dari belahan jiwa yang dicari selama ini.
“Ketika engkau datang, mengapa di saat ku tak mungkin menggapaimu.
Meskipun tlah kau semaikan cinta, di balik senyuman indah.
Kau jadikan seakan nyata, seolah kau belahan jiwa.”
Begitulah takdir. Meskipun kamu sudah tidak memungkinkan untuk menjalin hubungan itu, pertemuan itu harus tetap disyukuri.
Cakeeep.
5. Aku, Dirimu, Dirinya
Lagu Kahitna yang satu ini jika dilihat dari judulnya, kita pasti tau apa problem yang dibawakan lagu ini. Aku, Dirimu, Dirinya, adalah gambaran lagu dari cinta segitiga.
Disini ada yang pernah terjebak dalam cinta segitiga ? Adaaa..?
Cinta segitiga bisa saja terjadi saat kamu memiliki sahabat yang dekat banget sama kamu. Diam-diam kamu dan sahabatmu itu mencintai orang yang sama. Nah loh.. padahal cewek banyak loh. Kenapa harus mencintai orang yang sama. Begitulah suratan... siapa yang tahu.
Potret cinta segitiga yang hina
Atau bisa juga saat kamu sudah memiliki kekasih, lalu menjalin cinta lagi dengan orang lain. Keadaan ini memang salah, tapi tidak dengan cintanya.
Sayangnya, cinta seperti ini memang nggak akan bisa abadi dan pasti ada yang tersakiti. Menyadari hal itu, kamu pun berharap bisa memutar waktu dan memilih satu cinta saja yang benar-benar bisa diyakini.
“Aku, dirimu, dirinya, tak akan pernah mengerti tentang suratan.
Aku, dirimu, dirinya, tak resah bila sadari cinta takkan salah.”
Lirik lagu yang akan memberikan efek baper berkepanjangan untuk siapa saja yang pernah terjebak dalam situasi cinta seperti ini.
6. Mantan Terindah
Ini dia lagu paling durjana milik Kahitna. Lagu yang sukses membuat jutaan umat manusia susah move on. Lagu yang selalu mengajak kita untuk meluangkan waktu sebentar untuk mengingat kembali masa lalu kita. Lagu yang juga membuat beberapa orang menyesal, kok dulu gue putusin dia ? mana sekarang dia makin kece lagi..
Disini ada yang kayak gitu. Adaaaaa.....?
Dari lirik Mantan Terindah ini sebenarnya sudah gak perlu diceritakan lagi. Intinya tentang sepasang mantan kekasih yang gak bisa bersatu lagi.
“Mau dikatakan apa lagi. Kita tak akan pernah satu.
Engkau disana, aku disini... meski hatiku memilihmu..”
Biasanya orang yang sudah menjadi mantan, dalam hati kecilnya sedikit berharap bisa mengulang kembali masa-masa indah itu.
”Andai ku bisa. Ingin aku memelukmu lagi...
Oh dihati ini hanya engkau mantan terindah...
Yang selalu ku rindukan...”
Saya yakin siapa saja yang pernah memiliki mantan terindah. Mantan yang pernah ngasih banyak sekali kenangan manis. Mantan yang mutusin dengan cara baik-baik dan dengan rasa penuh kekeluargaan. Mantan yang masih menjalin komunikasi dengan baik. Pasti itu semua bakal bikin kita kadang sedikit merasa susah ‘move on’.
“Yang tlah kau buat sungguhlah indah...
Buat diriku susah lupaaa.....”
*nangis di bawah shower kamar mandi*
7. Takan Terganti
 Lagu Takan Terganti menurut saya seperti sekuel dari lagu Mantan Terindah. Jika lagu Mantan Terindah mungkin hanya sekedar sedikit menghambat usaha move-on kita. Maka lagu Takkan Terganti ini benar-benar mengekspresikan betapa kita tidak bisa move-on dari dia.

Mungkin sosok masa lalu kita begitu kuat dan tidak bisa digantikan oleh siapapun. Selama ini, mungkin hanya dia juga yang bisa membuat hidupmu “jungkir-balik”. Kepada dialah kamu pernah merasakan mencintai seseorang dengan begitu tulus. Bahkan hanya melihatnya tersenyum saja sudah bisa membuatmu menjadi manusia paling bahagia di dunia. Dari situlah sebenarnya bencana move-on bermula. Dan lewat lagu Takkan Terganti, Kahitna bisa menggambarkan perasaan itu. Sebuah lagu yang membuktikan bahwa cinta sejati nggak akan lekang termakan waktu.
“Meski waktu datang dan berlalu sampai kau tiada bertahan.
Semua tak kan mampu mengubahku, hanyalah kau yang ada di relungku.
Hanyalah dirimu mampu membuatku jatuh dan mencinta.
Kau bukan hanya sekedar indah, kau tak aan terganti.”
Syedih syekali laguna.
Jadi, itulah 7 lagu Kahitna paling baper versi saya. Nah.. kira-kira menurut kamu ada gak sih lagu Kahitna yang lebih baper dari lagu-lagu di atas. Kalau ada, boleh loh di share di kolom komentar di bawah ini. J
Dengan kamu nge-share, setidaknya kita jadi saling berbagi cerita bahwa kita pernah jadi korban kebaperan lagu-lagunya Kahitna. Well, meskipun saat kita mendengarkan lagu-lagunya Kahitna kita jadi terkena efek sendu dan susah move-on segala macem. Kamu gak usah takut dengerin lagunya Kahitna. Karena soal move-on itu bukan perkara bisa atau tidak. Tapi mau atau enggak. Gitu aja sih.
Sekian.

2 komentar:

  1. Dengerin radio tetiba denger Lagunya Kahitna (2016) Rahasia cintaku, ini juga bikin baper..

    BalasHapus
  2. Kahitna - engga ngerti juga bikin baper

    BalasHapus