Minggu, 09 Maret 2014

Setelah Pasar Buku Murah


Berawal dari tawaran Job jadi petugas jaga meja panitia pasar buku murah dari teman satu studio. Gue terima aja tawaran itu, toh kerjaan gue masih banyak waktu luangnya kok, kuliah juga belum mulai masuk, dan pastinya gue pengin nyari pengalaman lain.

Yang istimewa adalah mungkin pasar buku murah ini belum lama diadain ya. mungkin, baru sekitar 5 bulan. Dan gue masih inget bingit, eh banget kalo waktu itu gue masih jadi pengunjung (baca: yang liat-liat buku doang, tapi gak beli).

Waktu itu gue gak pernah kepikiran, gue bakal jaga pasar buku murah nge-wakilin panitia. Koar-koar berjam-jam, ngelayanin pembeli, dan segala macem lainnya. Gue gak pernah kepikiran itu semua, cius..! gue Cuma kepikiran kamu, waktu itu… *eh (kenapa jadi nge-gombal)
Berdasarkan hal-hal ”Indah” itu akhirnya gue fix terima job itu. benar saja, banyak hal-hal seru gue alamin selama 8 hari. Seneng dan sedih campur aduk jadi satu, yaitu adukan semen. *loh
Oke, gue mau share yang endes-endes dulu. Eh, kalian tahu nggak apa itu endes ? itu loh, bahasa bancinya enak. Tahu kan..? Ah, jangan pura-pura gak tahu deh. Masa kalian lupa sama bahasa kaum sendiri. #NgajakinRibut
Oke, focus..
Pastinya, gue jadi makin belajar lagi tentang public speaking dan public relation . tahu arti kedua istilah itu..? enggak tahu..? yaudah, sama dong, gue juga gak tahu. #PuraPuraBego
Pokoknya, itu lah. Heheheh, gue males neranginnya sob.
Terus gue juga ngerasa nemuin “Wah-Moment” pas ketemu sama temen-temen yang dah lama banget gak pernah ketemu. Salah satunya, gue ketemu sama salah satu temen SMP yang mungkin kalau dihitung-hitung udah 5 tahun lebih gak pernah ketemu. Wah, itu berasa special banget sob, apalagi sekarang doi dah sukses kerja diluar pulau jawa.
Gue juga jadi ketemu sama, guru-guru gue di Madrasah juga. dan pastinya, gue ketemu sama….. ah, sudahlah.
Itu bagian seru alias seneng-senengnya. Nah, kalau bagian sedihnya, mungkin gue sebut sebagai “Pait-Moment”.
Bagaimana gak pait coba. Ada beberapa tanggal monumental untuk hidup gue dan hidup someone gue lewatin begituuuuu sajaaaaa…. *dengan nada lagu RAN*
Gue baru sadar, kalau waktu job yang satu ini, susah ditoleransi. Yups, mungkin karena ini event langka yang gak setiap bulan ada. Jadi, wajarlah kalau jam kerjanya susah di-nego. Sial, gue gak sempet kepikiran sebelumnya. Tapi sudahlah, semuanya sudah berlalu..
Sejenak gue jadi inget quotes “Dou Aneh”
          Jika ada dua pilihan. Maka salah satu, harus ada yang lebih diutamakan…”
Well, dengan berat hati jawabannya gue utamain job itu. Banyak hal, factor, dan pertimbangan lain. Jadi bukan keputusan se-enaknya sendiri. Inget ya… *kedipin mata tetangga sebelah*

Selain itu, apalagi..?
Ya, tenaga gue terkuras abis. Cuapek level profinsi mungkin. abis siaran 3 jam, berangkat jaga pameran, pulang ke studio bentar, pulang ke rumah jam 5 sore, tidur jam 9 malem, bangun, berangkat siaran lagi jam 4 pagi. Dan selama 8 hari kegiatan itu berlangsung secara tertib (Ini udah kayak wudhlu).
Gue berpikir sejenak. Ternyata, cara diatas bisa juga untuk ngurusin badan. Atau bahasa halusnya, bisa dijadiin terapi diet alami. Pasti deh, berat badan lo turun.. gue udah buktiin. Nih, sekarang gue tinggal tulang sama kulit doang… *eh
Ada lagi..?
Ya, total selama 4 hari, gue terpaksa ngorbanin kuliah gue. demi Tuhan, gue gak pengin kalian tiru adegan ini, jika kamu belum benar-benar professional dan tanpa didampingi ahli. *lah
Gue janji, kalau saja itu bukan minggu pertama kuliah. Mungkin gue bakal tolak job itu mentah-mentah, bahkan gak pakai mateng. Tapi bagaimanapun juga, setidaknya dengan job  itu gue bisa biayaain kuliah sendiri.
*sujud syukur*
Ada lagi yang paiiiit…?
Tenang, masih ada stoknya nih. Malah, ini pait bingiiiit…! Hari terakhir pameran, tadinya gue jaga pagi, karena ada satu urusan gue tuker jadwal dan jadi jaga malam. Udah kayak hansip ya…

Nah, kebetulannya lagi. Pas hari terakhir, sorennya ada pengundian kupon berhadiah. Sialnya, panitia pameran datangnya telat bawa hadiah. So, dengan berat hati pengundian pun ditunda 1 jam lebih. Dari yang tadinya jam 04 sore, jadi jam 05 sore lebih….

Beneran deh, itu serem bingiiit. Seremnya adalah, mayoritas yang nunggu pengundian adalah ibu-ibu. Tahu kan, kalau sebenernya ibu-ibu itu lebih serem dari preman prempatan. Nah, gue tahu banget tuh… 

Tuh, kalau ibu-ibu lihat diskon belanjaan aja dah ribut ampe main tusuk-tusukan. Buktinya, Raditya Dika aja pernah bilang gini..

“Besarnya Diskon itu berbanding lurus dengan tingkat kekejaman ibu-ibu…”
Nah, itu baru masalah diskon. Coba kalau masalah kupooooon…! Apa gak dicakar-cakar muka penjaga pameran. Makannya, gue sempet pura-pura mati selama sejam gara-gara kasus itu. sayang, ibu-ibu itu gak percaya sama acting gue.. kayaknya, gue perlu belajar lagi deh sama Reza Rahardian. Reza mana Reza…!

Udah, yang jelas gue lolos dari tragedy pencakaran ibu-ibu. Cuma gue sama rekan gue tetep makan ati selama sejam, gara-gara protes ibu-ibu. Cuih.. beraninya Cuma sama brondong….!

Pastinya masih banyak cerita-cerita seru lainnya ya. tapi gak gue share semuanya, lagi-lagi alasannya sama. Capek nulisnya…!
(sebagai blogger, gue gagal)
Finally, gue akhiri dengan pertanyaan dari seseorang, kalimatnya begini: Perjuangan 8 hari telah berakhir, dapat pelajaran apa kamu..?
Jawabku.. “Kerja keras, tanggung jawab, kemandirian, manajemen waktu, dan manajemen perasaan…”
Dan seketika menjadi hening.
Pegalaran telah selesai, layar kembali digulung, buku-buku kambali ditumpuk, dan hak telah terpenuhi..
Dan, pelajaran sudah dalam genggaman….!



See u next post...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar